Perdana Di Soppeng Tehnik Video Mapping Di Acara Gau Maraja La Patau Matanna Tikka


Internews.id SOPPENG-Penggunaan teknik Video Mapping pada penggelaran Silang Budaya yang akan diwarnai dengan permainan cahaya yang rencananya akan dipentaskan dalam acara pembukaan Gau Maraja La Patau Matanna Tikka, dipastikan akan menjadi pertunjukan paling spektakuler dalam sejarah perjalanan Kabupaten Soppeng. Jumat, (14/07/2023). 

Pasalnya, pertunjukan Video Mapping merupakan teknik yang baru pertama kalinya diterapkan di Sulawesi Selatan ditengah tengah tarian kolosal dan yang kedua di Indonesia setelah sebelumnya pertunjukan seperti ini pernah dipentaskan untuk menyambut Asian Games 2018 lalu di Jakarta.


Teknik Video Mapping ini sendiri akan didampingi tim khusus dari Direktorat Perfileman Kementerian Pendidikan ,Kebudayaan , Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. 


Art Director pertunjukkan ini yang juga merupakan tim dari Kemendikbudristek RI Ilham Anwar saat ditemui dilapangan Gasis Watangsoppeng, Kamis 13/7/ 2023 mengungkap bahwa pertunjukan Vidoe Mapping di Gau Maraja La Patau Matanna Tikka ini akan menjadi pertunjukkan Video Mapping terbesar di Indonesia Timur.


Video Mapping sendiri ini akan dilaksanakan di dua tempat yaitu lapangan Gasis dengan Villa Yuliana. Dilapangan Gasis akan melibatkan ratusan penari, sementara di Villa Yuliana Video Mapping akan menceritakan awal mula pemerintahan La Temmamala hingga pemerintahan HA Kaswadi Razak” ujar Ilham Anwar juga putra asli Soppeng ini.


Sementara itu, Maestro Tari Sulawesi Selatan yang menjadi penata tari kolosal ini Abdi Bashit yang juga akrab disapa Kak Cucut menyebut tari kolosal ini diberi judul Tarian Mappasiame Wanua yang akan menceritakan tentang kehidupan La Patau higga ke generasi generasinya.


“Tarian Mappasiame Wanua ini melibatkan 200 penari yang akan di kolaborasikan dengan Video Mapping dan prosesi gotong royong pendirian rumah Bugis” ujar koreografer yang sudah berkeliling dunia membawakan tarian bernuansa Bugis/Makassar di lebih 25 negara.


Perlu diketahui, selain tarian kolosal dan Video Mapping, Gau Maraja La Patau Mattanna Tikka akan disemarakkan dengan Kirab Budaya, Permainan Rakyat, Seminar Internasional dan Reuni Akbar keturunan La Patau Matanna Tikka. Hajatan Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka akan berlangsung pada tanggal 15 Juli hingga 18 Juli 2023 mendatang

0 Komentar